Jumat, 14 Desember 2012

ASAL-USUL MAN 1 MATARAM

  •  ASAL-USUL MAN 1 MATARAM

    Gedung MAN 1 Mataram
    Lembaga pendidikan Madrasah dimanapun berada adalah berasal dari masyarakat, dikelola oleh masyarakat dan untuk memenuh
    i kebutuhan pendidikan masyarakat. MAN I Mataram, semula merupakan Sekolah Persiapan IAIN ( SP IAIN ) Sunan Ampel Surabaya, yang dibuka oleh masyarakat saat itu untuk menfasilitasi dan menjembatani para siswa yang ingin melanjutkan kuliah di IAIN, khususnya IAIN Sunan Ampel Surabaya yang saat itu membuka Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Cabang Mataram. Sekolah Persiapan IAIN Sunan Ampel Mataram yang secara secara resmi dibuka pada tahun 1965 ini dapat bertahan hingga tahun 1975. Tokoh pendiri SP IAIN Sunan Ampel Mataram saat itu yaitu Al – Marhum Bapak Tuan Guru Zaenuddin Mansyur, MA, dimana beliau saat itu langsung sebagai Kepala Sekolahnya. Karena kesibukan beliau yang sangat pada saat itu, maka jabatan Kepala Sekolah digantikan oleh Al – Marhum Bapak H. Lalu Syaeful Ahmad, dan Al – Marhum Bapak TGH. Zaenuddin Mansyur sendiri saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat. 
    Pada tahun 1975 terjadi perubahan kebijakan yang mendasar di dalam tubuh Departemen Agama, khususnya kebijakan yang berhubungan dengan masalah pendidikan Agama di lingkungan Departemen Agama. Hal ini sebagai dampak dari dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama ( SKB ) Tiga Menteri yaitu Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Dalam Negeri. Nomor : 2 Tahun 1973 .Salah satu dampak positif yang dirasakan oleh madrasah dengan dikeluarkannya SKB Tiga Menteri adalah perubahan Kurikulum Madrasah dan Civil Effect Ijazah Madrasah. Ijazah Madrasah dinyatakan sama/sedrajat dengan Ijazah Sekolah Umum dan dapat dipergunakan untuk melanjutkan ke berbagai Perguruan Tinggi baik Negeri ataupun Swasta, tidak hanya terbatas pada IAIN seperti yang selama ini terjadi. Pemegang ijazah madrasah juga dapat diterima bekerja di berbagai instansi baik negeri ataupun swasta, tidak hanya terbatas pada Departemen Agama.

    Sebagai implementasi SKB Tiga Menteri tersebut, maka semua SP IAIN di seluruh Indonesia dialih fungsikan menjadi Madrasah, yang ke depan cakupan dan jangkauannya menjadi lebih luas. Hal serupa juga dialami oleh SP IAIN Sunan Ampel Mataram, yang kemudian beralih fungsi menjadi Madrasah Aliyah Negeri Mataram, dan Bapak H. Lalu Syaeful Ahmad, yang semula sebagai Kepala SP IAIN Sunan Ampel Cabang Mataram, menjadi kepala Madrasah Aliyah Mataram. Jabatan Kepala Madrasah Aliyah Mataram ini beliau jabat dari tahun 1975 hingga tahun 1993,ketika beliau memasuki masa pensiun .

    Di era tahun 1990, Departemen pendidikan Nasional melakukan kebijakan yaitu mengalihfungsikan semua Sekolah Pendidikan Guru ( SPG ) menjadi Sekolah Menengah Tingkat Atas ( SMA ). Kebijakan ini juga diikuti oleh Departemen Agama yang mengelola sekolah Pendidikan Guru Agama ( PGA ) menjadi Madrasah Aliyah. Alihfungsi PGA menjadi Madrasah Aliyah ini dialami juga oleh PGA Negeri Mataram, yang saat itu beralih fungsi menjadi Madrasah Aliyah Negeri. Dengan alihfungsinya PGA Negeri Mataram menjadi Madrasah Aliyah Negeri, maka di kota Mataram terdapat dua Madrasah Aliyah negeri, yaitu Madrasah Aliyah Negeri Mataram yang dulunya merupakan alih fungsi dari SP IAIN Sunan Ampel Mataram dan Madrasah Aliyah Negeri yang merupakan alih fungsi dari PGA Negeri Mataram. Untuk mempermudah pelaksanaan administrasi, pengelolaan dan penataan serta pertanggungjawaban, maka Madrasah Aliyah Negeri Mataram ( alih fungsi dari SP IAIN Sunan Ampel Mataram Tahun 1975 ) menjadi Madrasah Aliyah Negeri I Mataram, sedangkan Madrasah Aliyah Negeri ( alih fungsi dari PGA Negeri Mataram Tahun 1991 ) menjadi Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram. Apabila sejarah keberadaan lembaga ini dihitung dari sejak lahirnya SP IAIN Sunan Ampel Mataram, ( tahun 1965 ) maka MAN 1 Mataram, pada tahun 2009 ini genap berusia 44 tahun. Apabila dihitung sejak terjadinya alih fungsi ( tahun 1975 ) dari SP IAIN Sunan Ampel Mataram, maka MAN I Mataram berusia 34 tahun. Namun apabila dihitung sejak terbitnya Surat Keputusan Menteri Agama RI ( tahun 1991 ) yang menetapkan Madrasah Aliyah Negeri Mataram menjadi MAN I Mataram, dan Madrasah Aliyah Negeri aloh fungsi PGA Negeri Mataram menjadi MAN 2 Mataram, maka MAN I Mataram baru berusia 18 tahun.

    Terlepas dari dasar yang mana kita menghitung usia MAN I Mataram, tetapi dalam pelaksanaannya MAN I Mataram telah banyak memberikan andil ( kontribusi ) dalam pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Kota Mataram. Banyak alumni MAN I Mataram yang menyebar mengabdikan diri diberbagai sektor, baik negeri ataupun swasta, sebagai guru, dosen, birokrat, tokoh politik, tentara, polisi, pungusaha dan lain sebagainya. Keadaan ini sudah barang tentu merupakan salah satu modal dasar tersendiri bagi MAN I Mataram untuk berbuat lebih optimal, sehingga tetap mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, dan mampu bersaing dalam era globalisasi seperti dewasa ini.

    Kepala Madrasah merupakan motor penggerak proses belajar mengajar di madrasah. Keberhasilan, kemajuan, kesuksesan madrasah banyak ditentukan oleh beberapa faktor yang berasal dari diri kepala madrasah, seperti watak kepribadian, capabelitas, kompetensi, manajemen, pengalaman, akses, visi kedepan dan sebagainya. Sejak berdiri hingga sekarang, figure kepala Madrasah Aliyah negeri I Mataram sebagai berikut :



    1. Tuan Guru H. Zaenuddin Mansyur, MA, Kepala dan sekaligus pendiri ( The founding father ) Seko -

    lah Persiapan IAIN Sunan Ampel Mataram . Menjabat Kepala dari tahun 1965 sampai dengan 1968

    2. Haji Lalu Syaeful Ahmad, menjabat Kepala dari tahun 1968 sampai dengan 1993

    3. Haji Said Husni, BA, dari tahun 1993 sampai dengan 1995

    4. Drs. Haji Minhum Minnatullah, M Pd, dari tahun 1995 sampai dengan 1997

    5. Drs. H. Muchtar Badri, dari tahun 1997 sampai dengan tahun 2001

    6. Drs. Baharuddin, dari tahun 2001 sampai dengan 2007

    7. Jamaluddin Khoiri, SH, dari tahun 2007 sampai sekarang


    8. Masih dicari ......

    Sumber: Grup Facebook  Keluarga MAN 1 Mataram
    Sunting Keterangan

1 komentar: